Apa Penyebab Autisme Pada Anak?

Apa Penyebab Autisme Pada Anak? – Mengingat lagi bahwasannya di setiap bulan April kita kan memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia. Sudah ada banyak kasus autisme pada anak di Indonesia. Autisme ini merupakan gangguan neurobiologist yang mempengaruhi fungsi otak pada anak. Akan tetapi, apa penyebab autisme pada ank tersebut? Hingga sekarang ini, para ahli pun masih belum bisa menemukan secara pasti penyebab autisme pada anak. Akan tetapi sudah jadi kewajiban bagi kita semua untuk memperhatikan berbagai macam faktor yang bisa saja jadi pencetus terjadinya autisme pada anak.

penyebab autisme pada anak

Lantas, apa penyebab autisme yang umumnya terjadi?

Faktor genetis

Gen sepertinya jadi faktor yang cukup kuat penyebab anak autisme. Apabila dalam satu keluarga ada riwayat autisme, maka keturunan yang selanjutnya juga mempunyai peluang besar untuk menderita autisme. Hal yang demikian ini disebabkan karena terjadinya gangguan gen yang mempengaruhi perkembangan pertumbuhan dan juga pembentukan sel otak. Yang mana kondisi genetis pemicu autisme pada anak ini bisa saja disebabkan oleh usia ibu pada saat mengandung sudah tua, atau pun usia ayahnya yang sudah tua. Diketahui bahwasannya sperma pria yang berusia tua lebih cenderung mudah sekali bermutasi dan juga memicu munculnya autisme. Selain hal tersebut, ibu yang menderita diabetes juga ditengarai sebagai penyebab autisme pada anak.

Faktor kandungan

Ternyata kondisi kandungan juga jadi penyebab autisme pada anak. Pemicu autisme dalam kandungan bisa disebabkan oleh virus yang sedang menyerang pada kehamilan trimester pertama, yakni virus syndrome rubella. Selain hal tersebut, kesehatan lingkungan juga sangat mempengaruhi kesehatan otak janin yang ada dalam kandungan. Polusi udara berdampak negative pada tumbuh kembang otak serta fisik janin, sehingga dapat meningkatkan bayi lahir dengan resiko autisme. Bahkan kondisi kandungan ibu yang memiliki masalah atau komplikasi kehamilan sampai dengan alami pendarahan juga jadi pemicu dari munculnya gejala autisme. Kondisi ini sebabkan gangguan transportasi oksigen dan juga nutrisi pada bayi yang mengakibatkan gangguan pada otak janin. Bahkan bayi akan lahir premature dan juga berat badannya kurang juga menjadi resiko terjadinya autisme.

Faktor kelahiran

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah, premature, dan juga lama ada di dalam kandungan ( lebih dari 9 bulan) sangat beresiko sekali mengidap autisme. Selain hal tersebut, bayi yang alami gagal nafas atau hipoksa pada sat lahir juga sangat beresiko alami autisme.

Faktor lingkungan

Bayi terlahir sehat juga belum pasti tidak alami autisme. Faktor lingkungan atau faktor eksternal juga dapat sebabkan bayi menderita autisme, seperti halnya lingkungan yang penuh dengan tekanan dan juga tidak bersih. Lingkungan yang tak bersih ini bisa sebabkan bayi alergi lewat ibu. Sebab itulah, hindari paparan sumber alergi yang berupa debu, asap rokok, atau pun makanan yang sebabkan alergi.

Faktor makanan

Harus Anda tahu juga bahwasannya zat kimia yang ada di dalam makan makanan ternyata sangat berbahaya sekali untuk kandungan. Salah satunya adalah pestisida yang terpapar pada sayuran atau pun buah-buahan. Diketahui bahwasannya pestisida ini akan sangat menggangu fungsi gen yang ada pada syaraf pusat pada anak, sehingga yang demikian ini sebabkan anak alami autisme.

Baca Juga: Beberapa Cara Mendidik Anak Autisme Di Rumah

Demikianlah tadi sekilas informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda semuanya tentang beberapa penyebab autisme pada anak. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat.

Add Comment