Bagaimana Cara Mendidik Anak Bandel Tanpa Kekerasan

Cara Mendidik Anak Bandel Tanpa Kekerasan – Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama yang akan di jalani oleh setiap anak di dunia. Pembentuka karakter sebelum si anak akan menghadapi dunia luar akan terbentuk dari bentuk atau metode pendidikan yang anda lakukan dalam lingkungan keluarga. Jadi ketika si keluarga khususnya orang tua melakukan sesuatu kepada si anak misalnya melakukan kekerasan maka anak akan cenderung lebih sering memberontak kemudian si anak juga akan menjadi seorang yang memiliki karakter keras dan mudah melakukan kekerasan ke teman temannya. Hal itu terjadi karena dalam mindset anak sudah tertanam bahwa cara menyelesaikan masalah adalah dengan melakukan kekerasan. Oleh karena itu sebenarnya mendidik anak yang baik adalah dengan tanpa melakukan tindakan kekerasan pada si anak. Lalu bagaimana cara mendidik anak bandel tanpa kekerasan. Apa lagi anak anak tersebut biasanya tidak mudah untuk di nasehati sehingga banyak orang tua lebih memilih melakukan tindak kekerasa seperti menjewer kuping, mencubit, atau bahkan hingga memukul. Sebenarnya sudah banyak yang menjelaskan tentang hal ini. oleh karena itu pada artikel ini juga akan di bahas bagaimana cara untuk mendidik anak tanpa kekerasan.

cara mendidik anak tanpa kekerasan

Untuk menghadapi anak bandel kita sebagai orang tua memang terkadang serba salah. Dengan mengetahui cara mendidik anak bandel tanpa kekerasan yang akan di jelaskan di sini di harapkan prang tua pada jaman sekarang mulai meninggalkan cara lama yakni mendidik dengan kekerasan dan mulai beralih dengan metode pendidikan yang lebih halus dan lebih mudah di terima oleh anak. Berikut bagaimana cara melakuan metode tersebut untuk anak anak anda.

1. Lakukan obrolan kepada si anak ketika melakukan kesalahan tertetu. Lakukan dialog terbuka dengan si anak dan juga lakukan obrolan tersebut secara halus namun tegas. Sebagai seorang anak biasanya mereka wajar melakukan sesuatu yang kuran tepat. Namun di balik perilaku yang seperti itu pastilah anak tersebut memiliki alasan yang melatar belakanginya. Dengan melakukan dialog maka anda bisa masuk ke permasahan yang terjadi tanpa harus melakukan kekerasan yang tak berarti.

2. Kelola emosi anda sebagai orang tua. Ketika melihat si anak melakukan kesalahan biasanya sebagai orang tua sudah terbawa emosi duluan. Hal itu memang tidak bisa di pungkiri lagi. Oleh karena itu anda sebagai orang tua juga harus bisa mengkontrol emosi anda lebih baik lagi. Dengan megelola emosi dan amarah pada diri anda, maka maksud dan tujuan anda yang akan di sampaikan kepada anak anda akan tersampaikan dengan lebih baik.

3. Berikan anak peraturan dan hukuman serta rewar sesuai kesepakatan. Dengan melakukan hal tersebut pastinya si anak akan termotivasi untuk tidak melakukan kesalahan dan akan melakukan sesuatu dengan benar. Namun dalam membuat peraturan ini libatkanlah si anak sehingga si anak juga akan merasa di hargai. Dengan begitu si anak juga akan lebih mudah untuk di kendalikan dan juga di arahkan.

Dengan mengetahui cara mendidik anak bandel tanpa kekerasan kita sebagai orang tua akan lebih membantu untuk membentuk karakter anak menjadi pribadi yang lebih baik ketika terjun di masyarakat nanti. Pendidikan anak menggunakan cara kekerasan merupakan cara tradisional yang sudah ketinggalan jaman. Dengan menggunakan cara cara di atas di harapkan perkembangan mental anak anak anda lebih baik lagi dan ketika turun ke masyarakat akan menjadi pribadi yang lebih baik dan cinta akan damai.

Tips Mendidik Anak

Add Comment