Beberapa Cara Mendidik Anak Hiperaktif dengan Efektif

Beberapa Cara Mendidik Anak Hiperaktif dengan Efektif – Karakter anak memang memiliki tipikal yang berbeda-beda antar satu dengan yang lainnya. Misalkan ada karakter, sifat dan pemikiran anak ada yang pemanja, pemalu, pendiam, aktif bicara, suka berorginasi, dan ada yang supel. Inilah hal yang menjadikan setiap orang memiliki ciri khas masing-masing. Persoalan anak yang pendiam memang menuntut orang tua untuk memberikan perhatian khusus ketika anak sedang mengalami suatu masalah. Jadi orang tua dituntut aktif untuk menggali data dan informasi yang ada dalam anak yang pendiam. Anak menjadi tidak stress ketika tidak ada lawan biacara atau teman untuk curhat. Maka ini menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi oleh orang tua. Berbeda penanganannya dengan anak yang memiliki tipikal hiperaktif. Anak suka bergerak, anak banyak bicara, juga banyak melakukan aktifitas dirumah. Hal ini juga membutuhkan perhatian yang lebih bagi orang tua. Terutama dari faktor mendidik dan membinanya agar tumbuh menjadi insan yang baik. Dalam tulisan ini akan membahas tentang bagaimana Cara Mendidik Anak Hiperaktif secara baik, efektif dan efisien. Perihal ini menjadi penting untuk dikaji karena akan memberikan wawasan, informasi pada orang tua.

mendidik anak hiperaktif

Beberapa hal terkait dengan Cara Mendidik Anak Hiperaktif dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Dorong anak melakukan kegiatan positif

Anak yang hiperaktif melalui banyak aktifitas, suka bergerak dan tidak bisa diam merupakan sebuah keunggulan tersendiri yang ada pada anak. Aktifitas anak untuk banyak melakukan kegiatan-kegiatan merupakan sesuatu yang baik. Sebagai orang tua kita dituntut untuk mengarahkan anak dan mendorong aktivitas anak kepada kegiatan-kegiatan yang baik. Misalnya seperti: membaca, menulis, membersihkan rumah, mengepel, dan bermain secara positif. Jadi persoalan mendidik anak yang hiperaktif dapat dilakukan dengan dorongan kearah yang positif.

2. Fasilitasi anak dan kuasai hatinya

Perilaku anak yang hiperaktif memang mengundang minat anak dalam menginginkan sesuatu. Ketika anda mampu untuk memfasilitasinya maka coba fasilitasi hal tersebut dan berikan pendekatan dan masukan-masukan yang anda inginkah. Orang tua juga dapat memberikan perjanjian-perjanjian kepada anak yang harus ditaati bersama. Maka anak tidak serta merta seenaknya sendiri dan beraktifitas sesuai dengan rambu-rambu yang telah disepakati.

3. Didik anak dengan sabar

Dalam mendidik anak umumnya memang harus dilakukan dengan sabar. Mendidik anak adalah persoalan ketekunan dan kesabaran. Ketika anda tekun dan sabar maka anda akan sukses dalam mendidik anak. Karena dengan kesabaran dan ketekunan orang tua, anak akan menjadi simpatik untuk mengikuti apa yang orang tua inginkan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendidik Anak Bandel Tanpa Kekerasan

Cara Mendidik Anak Hiperaktif dapat dilakukan dengan baik dan efektif yang memiliki tujuan untuk menjadikan anak menjadi bersikap baik. Harapan besar yang ingin orang tua capai adalah persoalan mendidik anak untuk memiliki akhlak yang baik. Karena urusan akhlak yang baik akan menjadi pondasi yang kuat ketika anak hidup di lingkungan yang bagaimanapun. Maka sebagai orang tua memang urusan akhlak anak menjadi urusan yang sangat penting. Selain akhlak, bekal ilmu merupakan persoalan yang sangat penting pula. Anak yang memiliki ilmu akan menjadi sebuah bekal untuk hidupnya kelak. Jadi cara mendidik anak yang sangat hiperaktif dapat anda lakukan dengan menerapkan kedua hal tersebut yaitu sisi akhlak dan ilmu. Demikian persoalan penting yang dapat dijadikan sebuah rujukan untuk menjadikan anak jauh lebih baik. Semoga memberikan banyak manfaat untuk para pembaca.

Add Comment