Cara Diet Pada Anak Obesitas

Cara Diet Pada Anak Obesitas – Anak obesitas biasanya terjadi karena faktor keturunan atau juga bisa terjadi karena anak mendapatkan nutrisi yang tidak seimbang didalam rahim. Ibu yang selama hamil mengalami obesitas juga beresiko melahirkan anak yang mengalami obesitas karena itu ada baiknya agar ibu hamil menjaga berat badan agar tidak beresiko mengalami obesitas termasuk obesitas turun temurun yang menurunkan resiko ini pada anak.

Namun bagi Anda yang memang sudah memiliki anak yang mengalami obesitas, tentu saja sangat penting agar Anda nantinya bisa segera menanganinya dengan sebaik mungkin. Seperti apa saja cara diet pada anak obesitas yang dapat Anda coba terapkan? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Cara Diet Pada Anak Obesitas

1. Sertakan makanan gandum
Gandum memang salah satu bahan yang baik karena dapat membuat tubuh jadi cepat merasa kenyang dan bahan yang satu ini juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara optimal. Anda bisa sertakan gandum dalam makanan anak karena akan sangat baik untuk diet anak obesitas. Jika sebelumnya anak suka nasi, Anda harus mulai mengurangi porsi nasi anak dan ganti dengan gandum atau beras merah.

2. Ajak anak makan makanan berserat
Makan makanan yang mengandung serat tinggi memang sangat penting karena makanan yang mengandung serat tinggi ini akan dapat memberikan kontribusi pada pencernaan anak yang lancar. Anak akan bisa BAB dengan lancar dan terhindar dari masalah sembelit. Kacang – kacangan, biji – bijian, buah dan sayuran akan sangat cocok sebagai menu Anda setiap harinya.

3. Ajari anak makan yang direbus
Makan makanan yang digoreng memang sangat nikmat akan tetapi kalau diteruskan akan kurang baik khususnya bagi anak Anda yang sudah mengalami resiko obesitas. Anda upayakan mengajari anak Anda makan makanan yang direbus karena tak ada kandungan lemak jahat didalamnya. Ajari anak juga untuk menghindari makanan cepat saji karena berpotensi membuatnya cepat gemuk dan memperparah kondisi obesitasnya.

4. Jauhkan anak dari soda dan minuman manis
Minuman yang bersoda memang akan kurang baik pada pencernaan anak Anda selain juga dapat mengakibatkan resiko buruk pada jantung. Anda juga perlu menghindarkan anak dari minuman yang banyak mengandung gula. Jika memang anak suka manis, ganti gulanya dengan madu atau gula aren yang jauh lebih bermanfaat dan berikan pemanis alami tersebut sedikit saja.

5. Ajak anak selalu sarapan pagi
Sarapan pagi merupakan penopang energi yang dibutuhkan sampai siang hari. Mereka yang tidak sarapan pagi cenderung mudah merasa lapar. Karena itu upayakan Anda ajari anak untuk senantiasa sarapan pagi agar bisa menuai manfaat pada tubuhnya.

6. Berikan kegiatan menyenangkan di waktu luang anak Anda
Upayakan untuk Anda jangan sampai membuat anak diam dan hanya menonton televisi saja atau bermain game saja karena hal ini efektif membuat anak mudah gemuk. Anda bisa berikan kegiatan menyenangkan di waktu luang anak Anda karena akan berkontribusi positif untuk mengurangi aktivitas diam anak Anda dan berganti dengan aktivitas yang dapat membakar lemak di tubuhnya. Mengajak anak berkebun, menanam, senam, berenang atau sebagainya akan cocok Anda terapkan. Dorong juga agar anak berkontribusi dalam kegiatan di sekolahnya.

Baca Juga:

Demikian bunda sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang Cara Diet Pada Anak Obesitas. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Terapkan dan dapatkan manfaatnya pada anak Anda.

Add Comment