9 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak

9 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak – Kehadiran buah hati pasti menjadi kebahagiaan dan suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu dalam sebuah keluarga. Namun terkadang ketika buah hati bertumbuh semakin besar, maka terlihat ada anak yang tingkah lakunya menjadi nakal dan agresif, tetapi ada juga anak dengan karakter sangat pemalu ketika bertemu dengan orang lain. Sebagai orang tua kita harus bertanggungjawab untuk mengajarkan dan melatih dengan baik sejak anak berusia balita secara khusus bagi anak yang berkarakter sangat pemalu, yaitu tentang 9 cara membangun rasa percaya diri pada anak.

 

9 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak

Pada kesempatan kali ini, maka kami akan memberikan beberapa tips bagaimana cara membangun rasa percaya diri pada anak yang dapat anda terapkan kepada anak anda, antara lain:

  1. Bicara dan cari tahu masalah anak anda.

Berbicara kepada anak untuk mencari tahu masalah yang sebenarnya, karena komunikasi itu adalah hal yang penting agar terbangun hubungan yang sehat serta langgeng dengan anak kita. Mulai cari tahu apa penyebabnya secara perlahan-lahan, karena mungkin buah hati Anda merasa takut, bingung atau merasa tidak aman bahkan bisa dalam kondisi terintimidasi. Yang terpenting sebagai orang tua, Anda harus membangun kepercayaan kepada buah hati Anda sehingga dia akan berani memberitahu penyebab mengapa dia tidak percaya diri. Beranjak dari masalah ini, maka Anda dapat bekerja sama untuk mencari solusi untuk membangun rasa percaya diri pada anak.

 

  1. Ajak anak menemukan kegiatan yang disenanginya.

Temukan kegiatan yang membuat anak senang, carilah bakat alami yang membuat dia senang dengan mulai mengajaknya mengikuti kegiatan yang menyenangkan seperti : bermain musik, berolahraga, menari, melukis, dsb. Pastikan anak anda benar-benar termotivasi untuk mengikuti kegiatan tersebut, dan secara tidak sadar akan membangun rasa percaya diri anak kita.

 

  1. Ajarkan untuk menjadi pribadi yang Pemaaf dan Penyayang

Mulai ajarkan anak anda untuk menjadi pribadi yang pemaaf dan penyayang. Semua orang pasti melakukan kesalahan dan itu merupakan bagian dari pendewasaan serta melatih kebijaksanaan. Bahkan ajarkan anak untuk tidak malu bila dia bersalah, hal ini dapat membangun rasa percaya diri anak anda.

 

  1. Ajarkan anak bersosialisasi

Ajarkanlah nilai persahabatan sejati pada anak anda sehingga akan membuat anak anda terlatih bagaimana orang lain dapat membantu menjadi lebih kuat serta ajari untuk gigih dan hal-hal kecil yang positif seperti selalu bersyukur.

 

  1. Bantu anak menetapkan cita-cita

Bantu anak menetapkan cita-cita yang ingin dicapai, berilah pujian atas kemampuannya, jangan berfokus pada kelemahan anak. Ajari anak untuk lebih percaya diri akan kemampuan mereka, tentunya setiap pribadi anak memiliki kemampuan dan berbeda-beda. Bangunlah rasa percaya diri anak anda agar dia bisa berani melihat masa depan dengan cita-cita yang tinggi.

 

  1. Ajarkan anak hidup tertib dan teratur

Biasakan anak Anda untuk hidup secara teratur dan tertib, serta rajin belajar untuk memperoleh hasil yang terbaik. Mungkin anak mengira belajar adalah proses yang menyebalkan, karena harus duduk dan juga menatap buku selama berjam-jam saja. Perlu diketahui bahwa hal tersebut akan membuat mereka bosan dan frustasi karena pada dasarnya anak pintar juga membutuhkan keseimbangan antara belajar, mengerjakan tugas dan juga bermain ataupun senang-senang dan hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengatur jadwal atau waktu dengan efektif. Memang beberapa mata pelajaran di sekolah tergolong sulit dipelajari, namun Anda dapat mengatasinya dengan mengajaknya belajar dengan metode yang lebih menyenangkan, seperti dengan menggunakan media : video, game, film. Lalu setelah selesai belajar, ajak mereka bermain supaya ada keseimbangan.

 

  1. Ajak anak berolahraga teratur

Daftarkan buah hati Anda mengikuti kelas olahraga, agar terciptanya pikiran yang sehat yang berada di tubuh yang sehat, ajaklah anak Anda untuk bergabung mengikuti kelas olahraga. Dengan olehraga, selain membuat tubuh anak kuat dan bugar tetapi juga menjadi lincah serta dapat meningkatkan ketrampilan dalam bersosial, tentunya hal ini akan membangun rasa percaya diri anak anda.

  1. Bermainlah dengan anak anda

Sediakan waktu dan ajaklah untuk bermain, karena hal ini akan menciptakan kontak fisik dan emosional dengan buah hati Anda yang lebih baik. Prioritaskan waktu Anda untuk anak anda, beraktifitaslah dengan mendengarkan cerita mereka, ajaklah membuat permainan yang kreatif dan juga menyenangkan. Anak akan menjadi percaya diri jika dapat menghasilkan ide-ide dan kreatifitas yang bersalah dari mereka sendiri.

9. Berikan contoh/teladan yang bertanggungjawab

Cara lain adalah untuk menjadikan teladan yang baik bagi anak serta mempraktekkannya, kemudian cara selanjutnya ajarkan putra putri Anda untuk belajar bertanggung jawab dan juga bekerja keras. Rasa percaya diri anak akan terbangun seiring dengan tanggungjawab yang diberikan kepada anak anda.

Demikianlah uraian beberapa cara membangun rasa percaya diri pada anak yang dapat anda terapkan untuk mendidik anak anda, khususnya bagi anak yang tergolong pemalu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi keluarga anda.

 

Add Comment