Cara Mencegah Ruam Merah Pada Kulit Bayi

Cara Mencegah Ruam Merah Pada Kulit Bayi – Bunda, apakah sih kecil saat ini sedang alami ruam merah pada beberapa bagian tubuhnya, seperti pinggang, bokong, dan juga daerah sensitive lainnya? Bisa jadi kondisi yang seperti ini secara tak langsung disebabkan oleh popok atau pun produk perawatan bayi yang dia gunakan. Perlu Anda tahu nih ya bund, bahwasannya para ahli kesehatan anak telah mengelompokkan ruam yang terjadi para kulit bayi ke dalam beberapa kategori, termasuk halnya yang paling umum, yakni dikarenakan iritasi.

Ruam merah sejenis juga bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri. Yang mana pada kondisi lebih parahnya lagi dan juga tidak ditangani dengan baik, maka ruam merah tersebut bias berubah jadi eksim. Sebagai tambahan informasi bagi para orangtua, bakteri yang sering sekali menyerang kulit bayi ini adalah staphylococcus. Bayi atau balita yang mengidap kondisi ini umumnya akan memerlukan penanganan medis segera.

Penyebab lainnya yang mungkin saja biasa ditimbulkan ruam merah pada daerah sensitive bagi bayi diantaranya kontak berkepanjangan dengan urine serta feses sih kecil, resiko dari pembentukan ruang dengan jenis ini nantinya akan semakin meningkat lagi bila orangtua tak segera menggantikan popok yang sudah penuh dengan yang baru.
Selain itu, harus Anda tahu juga bahwasannya pembentukan ruam merah pada kulit bayi ini secara tak langsung bisa dipicu dengan adanya perubahan jenis makanan yang dikonsumsi. Ketika bayi mulai makan makanan yang padat, hal tersebut juga bisa berpengaruh pada kondisi fesesnya dan bisa meningkatkan kecenderungan feses untuk iritasi kulit, serta mungkin saja bisa jadi pemicu ruam merah pada kulit bayi Anda.

cara mencegah ruam merah pada kulit bayi

Cara Menangani Ruam Merah Pada Kulit Bayi

Salah satu langkah yang bisa dibilang paling efektif untuk tangani ruang merah pada kulit bayi ini adalah dengan menjaga kondisi kulit bayi Anda dalam keadaan kering dan juga bersih. Apabila popok yang digunakan sudah penuh, maka bisa diganti dengan yang baru. Bila memang ruam merah tiba-tiba muncul setelah Anda menggunakan produk perawatan bayi misalnya saja bedak, lotion, atau pun sabun, maka segera hentikan penggunannya semenetara dan amati perkembangannya. Bila ruam merah tersebut hilang, mungkin saja penyebabnya adalah iritasi kulit sebab produk tersebut.

Bila ruang merah membandel atau pun memburuk, maka segera temui dokter untuk mendpat diagnose dan juga penanganan secara medis. Perlu Anda tahu bahwasannya pada beberapa kasus, dokter mungkin saja akan memberi resep krim anti jamur, antibiotic, dan krim hidrokortisone apabila ruam merah tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri.

Cara Mencegah Ruam Merah Pada Kulit Bayi

  • Pastikan Anda sudah mengganti popok sih kecil bila sudah penuh. Periksa secara rutin kondisi popok sih kecil. Rata-rata popok harus diganti dengan yang baru setidaknya 8 kali 24 jam, pastinya jumlah tersebut disesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya.
  • Basuhlah bokong bayi Anda dengan menggunakan kapas yang sudah dicelupkan terlebih dulu ke dalam air sebelum menggunakan popok yang baru. Hindarilah menggunakan tissue basah yang mengandung alkohol atau pun pewangi. Pastikan kulit bayi Anda sudah kering sebelum menggunakan popok yang baru.
  • Pilih produk perawatan bayi yang berlabel hypoallergenic. Produk dengan label tersebut diklaim menggunakan seminimal mungkin bahan yang dapat menimbulkan resiko alergi.

Baca Juga: Makanan Penting Untuk Pertumbuhan Si Kecil

Demikianlah tadi cara mencegah ruam merah pada kulit bayi yang bisa kami informasikan. Semoga saja bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan untuk bunda yang sedang merawat bayi-nya.

Add Comment