Cara Mendidik Anak Agar Rajin Membaca Buku

Cara Mendidik Anak Agar Rajin Membaca Buku – Pada jaman modern ini, anak-anak cenderung akan memilih untuk bermain gadget, entah memainkan sosmed ataupun game favoritnya, dibandingkan dengan membaca buku. Selain itu ada juga anak yang asyik menghabiskan waktunya untuk kegiatan bersama teman-temannya daripada membaca buku. Padahal kita tahu bahwa dengan aktifitas membaca maka akan menambah pengetahuan, wawasan dan ilmu kepada anak-anak. Sebagai orangtua, seharusnya kita dapat menciptakan suasana menyenangkan saat membaca, sehingga anak menjadi tertarik dan juga bersemangat memulai kegiatan membaca tersebut. Menurut Peter Coy, seorang penulis buku anak terkenal, bahwa kunci sukses mendidik anak agar rajin membaca adalah membaca bersama-sama dengan anak. Adapun cara mendidik anak agar rajin membaca buku adalah sebagai berikut.

Cara Mendidik Anak Agar Rajin Membaca Buku

 

  1. Tanamkan bahwa membaca buku bukanlah sekedar hobi, karena dengan membaca maka dapat melatih kecerdasan dan kreatifitas anak, tanamkan juga bahwa membaca buku itu penting bagi masa depan anak, dan kegiatan membaca tidak hanya dilakukan di sekolah tetapi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.
  2. Berilah contoh bahwa sebagai orangtua Anda juga gemar membaca dan baiknya kegiatan membaca menjadi sangat efektif bila dilakukan 15 menit per hari sebelum tidur. Bagi anak yang belum bisa membaca, maka bacakan sebuah hikayat atau dongeng untuk menunjang bertambahnya kosakata pada anak, bahkan anak-anak bisa menceritakan ulang pada teman-temannya, sehingga secara tidak langsung Anda juga melatih kemampuan berbahasa sang anak.
  3. Setelah kegiatan membaca bersama selesai, cobalah untuk memberikan waktu anak Anda untuk menyampaikan pendapat, memberikan kesan ataupun menemukan ide baru mengenai cerita tersebut. Anda cukup mendengarkan apa yang anak utarakan.kemudian ajaklah dia berdiskusi, dengan demikian Anda akan mengetahui tingkat pemahaman anak Anda lebih jauh.
  4. Saat membaca gunakanlah fasilitas yang mendukung seperti gambar atau yang lainnya agar anak lebih mudah memahami cerita yang terkandung di dalamnya.
  5. Pilihlah cerita-cerita yang menarik, sederhana dan lucu untuk anak, atau anda bisa memilih buku-buku cerita dengan tema yang menjadi kegemarannya.
  6. Ketika membaca buku sederhanakan kalimatnya agar anak mengerti, coba hindari membaca kalimat dengan kalimat yang panjang serta kalimat yang sulit dimengerti.
  7. Jangan khawatir bila anak kemudian meminta Anda untuk membaca buku yang sama setiap harinya, karena dengan pengulangan tersebut maka anak akan lebih memahami isi cerita.
  8. Hindari adanya pemaksaan kepada anak karena membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan, biarkan anak mempunyai inisiatif untuk membaca.
  9. Berikan hadiah anak anda berupa buku, ketika putra atau putri Anda berhasil menggapai prestasi atau menjuarai lomba tertentu atau ketika anak anda berulang tahun, cobalah untuk menghadiahkan buku untuk mereka koleksi. Tanamkan bahwa ada nilai ilmu dibalik buku itu sangat mahal, sehingga anak akan perlahan menyukai untuk mengoleksi bukunya sendiri serta merapikannya di rak pribadinya.
  10. Ajaklah anak berlibur ke toko buku, ketika minat membaca sudah mulai tumbuh maka cara lain untuk meningkatkan kegemarannya dalam membaca adalah mengajak anak ke toko buku lebih sering.
  11. Cara terakhir adalah dengan memberinya pujian ketika anak telah berusaha untuk membaca dengan benar. Apabila ada kesalahan saat membaca, biarkan saja apa yang salah, jangan langsung dikoreksi. Hal tersebut adalah bagian dari proses untuk meningkatkan kesempurnaan dalam membaca.

 

Mari terapkan cara mendidik anak agar rajin membaca buku agar menumbuhkan literasi membaca sejak dini, dimulai dari orang tua sebagai teladannya kemudian jadikan hobi bersama dalam keluarga anda.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

Add Comment