Cara Mendidik Anak dan Menjauhkan dari Sinetron

Cara Mendidik Anak dan Menjauhkan dari Sinetron – Anak-anak tentunya akan lebih mudah tertarik dengan hal-hal yang mereka anggap sangat menakjubkan, salah satunya adalah sinetron. Seorang anak bisa dikatakan alami kecanduan menonton sinetron ketika mereka bersedia korbankan hal-hal yang dia suka dan mengalihkan perhatian sepenuhnya pada sinetron tersebut.

Sekarang ini, tiap orangtua yang habiskan hidupnya di kota besar banyak alami masalah yang serupa, yakni bagaimana cara mendidik anak dan menjauhkan dari sinetron secara terus menerus. Waktu belajar, makan, atau pun melakukan aktifitas lainnya, anak-anak lebi sering menggunakan banyak waktu di depan televisi untuk menonton sinetron kesukaannya. Sinetron ini bak candu yang bisa menambah pengetahuan serta bisa mengakibatkan rusaknya rutinitas maupun tingkah laku anak.

tips mendidik anak menjauhkan dari sinetron

Sinetron sepertinya sudah seperti pusat dari kehidupan anak, hal yang demikian ini karena sinetron sering sekali bertindak sebagai tutor, guru, babysitter, dan juga penghibur yang telah berhimpun menjadi satu. Semua bergantung pada sinetron. Efek negatinya terkadang anak jadi ikuti apa yang dia lihat. Untuk itulah mendidik anak dan menjauhkan dari sinetron adalah hal yang wajib sejak dini diterapkan padanya.

Cara Mendidik Anak dan Menjauhkan dari Sinetron

Mulai dari sekarang

Kecanduan anak dari sinetron ini berawal dari kebiasaan ada di dekat dengan televisi. Bahkan tidak jarang pula ditemukan dalam beberapa kasus, anak usia 2 tahun sudah tertarik dalam memperhatikan sinetron yang dia lihat. Apabila hal yang demikian ini dibiarkan dan juga tidak segera ditangani dengan baik, maka kebiasaannya akan berubah jadi kecanduan yang nantinya justru akan semakin sulit lagi untuk dihilangkan. Untuk itulah, mulailah dengan menghentikan kebiasaan tersebut dari sekarang.

Menjadi contoh yang baik

Dalam hal menjauhkan anak dari kecanduan sinetron, maka peranan orangtua sangat dibutuhkan. Apabila Anda tak terbiasa habiskan waktu di depan televisi, maka anak Anda nantinya juga tidak akan tergoda untuk habiskan waktu di sana.

Doorong anak Anda untuk bersosialisasi

Anak introvert lebih cenderung habiskan banyak waktunya di dalam kamar atau pun di rumah. Pada saat tak banyak kegiatan atau pun aktifitas yang mereka temukan di rumah, maka menonton sinetron ini akan jadi pelampiasan kegiatannya. Dengan begitu anak Anda akan terbiasa menyendiri dan juga hanya berteman televisi.

Menghabiskan waktu yang berkualitas

Salah satu cara mendidik anak dan menjauhkan dari sinetron adalah dengan habiskan waktu yang berkualitas dengan anak Anda, yang hendaknya hal demikian ini dijadikan sebagai rutinitas. Sebisa mungkin silakan Anda luangkan waktu yang berkualitas untuk sekadar mengobrol, baca cerita, atau bahkan mendampingi anak bermain. Hal tersebut juga akan menumbuhkan kedekaran Anda dengan anak.

Rencanakan bayi lainnya

Anak tunggal biasanya lebih rentan berakhir jadi seorang pecandu sinetron dan juga teknologi canggih yang lainnya. hal demikian ini semata-mata mereka lakukan untuk sirnakan rasa kesepiannya sebab tak mempunyai teman atau pun saudara lainnya yang dapat diajak bermain. Untuk itulah mempunyai saudara adalah solusi terbaik untuk menjadikan anak Anda bisa berkomunikasi dan juga menjadikannya bisa habiskan waktu bersama saudara kandungnya. Untuk itu hadirkan satu anak lagi akan bisa hentikan kecanduan anak dari sinetron.

Baca Juga: 

Demikianlah cara mendidik anak dan menjauhkan dari sinetron yang bisa kami informasikan. Selain hal tersebut, Anda juga perlu untuk tidak menyediakan televisi di dalam kamar anak.

Add Comment