Cara Mendidik Anak Dengan Otak Kanan Agar Seimbang

Cara Mendidik Anak Dengan Otak Kanan Agar Seimbang – Otak merupakan bagian yang paling penting dalam tubuh kita. Otak merupakan suatu bagian tubuh yang berguna untuk mengatur perilaku, dan yang lainnya yang akan ditransformasikan ke bagian tubuh lainnya. Dengan otak kita menjadi mampu berfikir. Pastinya setiap makhluk ini mempunyai otak, baik itu hewan maupun makhluk hidup lainnya seperti manusia. Dalam tubuh manusia juga ada yang namanya otak kiri dan ada juga otak kanan. Menurut beberapa penelitian, fungsi dari otak kiri maupun otak kanan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda satu sama lain. Bagi para ibu atau para orangtua yang memang menginginkan anaknya seimbang cara kerja otaknya, tentunya anda harus menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan tersebut. Lalu bagaimana dengan anak anda yang memang lebih unggul menggunakan otak kirinya?

Disini tentunya kami akan berbagi mengenai cara mendidik anak dengan otak kanan, agar otak kanan dan otak kiri anak anda dapat berfungsi dengan baik dan seimbang sehingga menjadi anak yang sangat sangat dibanggakan orangtua. Namun, yang paling penting dan pada intinya otak kanan dan otak kiri juga keduanya saling melengkapi dan juga memiliki satu sisi yang berbeda, namun keduanya memberikan respon positive. Jadi mau otak kiri dan otak kanan sama saja, namun memang ada baiknya cara kerja otak kiri dan kanan saling beriringan dan berfungsi satu sama lain, unggul satu sama lain.

cara mendidik anak dengan otak kanan

Sebelum membehas bagaimana cara mendidik anak kita menggunakan otak kanannya, ada baiknya anda juga harus mengenali terlebih dahulu cara kerja dan fungsi dari otak kiri khususnya otak kanan. Cara mendidik anak dengan otak kanan ini pada umumnya sangatlah mudah sekali. Bagi orang yang cenderung menggunkan otak kiri, biasanya orang tersebut sangat runtut sekali, dimana jika ia mengerjakan sesuatu maka dikerjakan secara runtut atau berurutan, sebagian besar hidupnya ia lebih sering menulis dan berbicara. Selain itu juga otak kiri sebagian besar lebih cenderung menggunakan logika. Nah, sedangkan bagi anak yang lebih dominan menggunakan otak kanan, biasanya ditandai dengan beberapa ciri, seperti :

  1. Anak sulit mengeja suku kata
  2. Biasanya anak tersebut kurang suka dengan soal-soal yang berbau angka, dan cenderung kesultan mengerjakan soal matematika
  3. Sulit untuk belajar mengeja suku kata
  4. Sulit membedakan huruf yang cenderung sama
  5. Lebih menyukai gambar-gambar dibandingkan dengan angka yang rumit
  6. Berbicara tidak runtut
  7. Lebih suka dengan gambar dan juga jika belajar lebih menyukai hal-hal atau benda yang berwarna warni.

Jika anak anda lebih cenderung menggunakan otak kiri, mungkin bagi ibu yang ingin terlihat perfect tentunya harus berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menyeimbangkan kedua otak tersebut. Dimana otak kanan anak anda juga bisa bekerja secara maksimal. Cara mendidik anak dengan otak kanan biasanya dengan cara beri kebebasan terlebih dahulu terhadap hal-hal yang disukainya. Sebagai seorang guru maupun orangtua tentunya langkah selanjutnya yaitu dengan cara mulai dengan melakukan visualisasi misalnya mulai mengenalkan pada angka namun dengan berupa gambar-gambar. Hal ini sangat cocok dan sangat pas sekali dengan anak yang masih usia dini, yang cenderung lebih menyukai hal-hal yang bergambar. Untuk melatih secara sistematis juga sebaikanya sejak dini anak harus dilatih untuk belajar mengurutkan sesuatu, misalnya belajar mengrutkan angka dan huruf sehingga lama kelamaan cara fikir dia akan sistematis.

Baca Juga:

Demikian ulasan kami tentang cara mendidik anak dengan otak kanan yang dapat kami sampaikan untuk para orangtua maupun guru. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa meningkatkan pengetahuan para orang tua tentang cara cara mendidik anak-nya.

Add Comment