Cara Mendidik Anak Emosi Tinggi Dari Cara yang Halus Hingga Cara yang Lebih Tegas

Memiliki anak yang mempunyai sikap yang cenderung gampang pemarah atau gampang marah kepada siapapun mungkin sangatlah sulit dan menjadi beban tersendiri bagi kita sebagai orangtua. Namun, tentunya setiap masalah ada solusinya. Untuk itu kami disini akan berbagi mengenai cara mendidik anak emosi tinggi, sehingga anak anda akan menjadi anak yang baik kembali. Pentingnya mendidik anak bukan hanya dilakukan disekolah saja, karena kebanyakan waktu anak dihabiskan dirumah, tetap saja peran orang tua lah yang paling utama dalam mendidik anak. Mendidik anak juga bukan hanya dilakukan untuk melatih kecerdasannya saja, lebih dari itu pendidikan yang paling utama yang harusditerapkan kepada anak kita adalah mendidik mental dan juga karakternya agar menjadi pribadi yang lebih baik. Tugasyang paling utama sebagai seorang orangtua ini tentunya adalah mendidik anaknya dengan baik agar bisa menjadi pribadi yang sempurna. Hal ini disebut dengan kecerdasan emosional (EQ) yang juga harus ada dalam diri kita dan juga anak kita. Kecerdasan inilah yang harus disadari oleh kita sebagai seorang ibu dan ayah yang harus ditanamkan kepada anak kita sebagai kecerdasan yang utama dan paling utama. Karena buat apa jika kita pintar dalam mata pelajaran, tapi tidak didasari dengan akhlak yang baik. Tentunya hal ini sangat rugi untuk kita.

Untuk itu setiap ibu pastinya pernah mengalami bagaimana menghadapi anak kita dengan berbagai karakter atau berbagai sifat, yang tentunya berbeda satu sama lain. Berikut beberapa cara mendidik anak emosi tinggi yang harus dilakukan dan diterapkan oleh ibu-ibu atau oleh para orangtua dirumah untuk sang buah hati yang gampang marah.

cara mendidik anak emosi tinggi

Cara Mendidik Anak Emosi Tinggi

1. Bekali kehidupan anak kita dengan pendidikan agama dari mulai sejak usia dini. Hal ini sangat penting sekali dilakukan karena agama merupakan pegangan utama. Jika seseorang telah hilang kepercayaan atau agamanya maka kehidupannya juga tidak aka nada pegangan.

2. Usia kanak-kanan merupakan usia yang Judah dibentuk, untuk itu bagi orang tua yang masih punya anak kecil, bentuklah karakter nya dengan yang baik sehingga ketika menginjak usia dewasa tidak kesulitan lagi mengaturnya karena dengan bersikap baik sudah menjadi kebiasaannya.

3. Jauhi kata-kata yang kasar, jika anak anda melakukan kesalahan, cobalah untuk menasihatinya dengan kata-kata yang halus.

4. Hargai apapaun yang dilakukan anak kita terutama hal-hal yang baik dan jangan sesekali mempermalukannya di depan orang banyak.

5. Berikan curahanperhatian yang banyak pada anak kita, karena pada umunya anak yang selalu pemarah tersebut disebabkan karena minimnya perhatian kita kepada anak kita.

6. Berikan pujian kepada anak kita walaupun kinerja atau prestasinya kurang memuaskan bagi kita, tapi setidaknya itu akan membuat dorongan dan motivasi bagi anak kita.

Baca Juga:

Dari ke enam cara menghadapi anak kita yang mudah marah, ada satu cara jika cara yang 6 tersebut tidak memepan. Hal ini dilakukan pada anak kita yang memang sudah keterlaluan sifat marahnya. Salahsatunya cara yang bisa anda lakukan adalah dengan cara membiarkannya atau menyuekannya terlebih dahulu dan diamkan selama beberapa menit. Kemudia jika tidak ada perubahan sama sekali maka kita wajib menegurnya namun tidak boleh menggunakan kekerasan pada anak kita, karena hal ini sangat tidak dianjurkan dengan alasan bisa saja anak kita meniru gaya kita suatu saat yaitu dengan menggunakan kekerasan. Dan itulah beberapa cara mendidik anak emosi tinggi mulai dengan cara yang halus hingga cara yang lebih tegas.

Add Comment