Cara Mendidik Anak Yang Kurang Fokus dan Meningkatkan Daya Ingat

Cara Mendidik Anak Yang Kurang Fokus – Kurang fokus dalam belajar juga bisa dibilang merupakan masalah besar. Kenapa ? Karena jika tidak focus dalam belajar kita bisa tertinggal dalam mengolah dan memepelajari pelajaran. Bahkan bukan hanya masalah pelajaran saja. Anak yang lebih sering bengong dan kurang focus, bahkan ketika kita menegurnya saja kadang anak tersebut tidak menyadarinya. Misalnya ketika dipanggil namanya saja karena lebih banyak bengong dan kurang konsentrasi terpaksa kita harus mencubitnya terlebih dahulu, agar ia sadar kalua dia dipanggil. Tentu saja hal ini membuat kita jengkel. Apalagi khawatir jika keadaan Ini terus menerus dibiarkan. Bagaimana dengan pelajarannya di sekolah ? dan masih banyak lagi bla bla bla yang lainnya. Yang pastinya hal ini juga harus menjadi perhatian khusus bagi kita sebagai orang tua dan juga sebagai guru. Karena pada saat di sekolah hal ini harus menjadi perhatian guru, dan ketika di rumah ini bisa menjadi tanggungjawab orang tua. Untuk itu kami disini akan berbagi pengalaman mengenai  bagaimana cara mendidik anak yang kurang focus yang harus menjadi perhatian khusus bagi kita sebagai orangtua agara anak lebih konsentrasi lagi dalam belajarnya.

Sebelum menceritakan dan berbagi tips mengenai cara mendidik anak yang kurang fokus baik itu dalam masalah pelajaran ataupun masalah yang lainnya sebaiknya anda juga perlu mengetahui apa penyebab dari anak anda yang kurang focus tersebut. Bisa jadi anak anda kelelahan, bisa jadi anak anda terlalu banyak fikiran d luar sekolahnya yang membuatnya menjadi beban yang terus difikirkan terus menerus. Untuk itu perlu beberapa cara untuk meningkatkan daya ingatnya dan konsentrasinya datang kembali, simak ulasannya berikut ini.

cara mendidik anak yang kurang fokus

Cara Mendidik Anak Yang Kurang Fokus dan Meningkatkan Daya Ingat

1. Hal yang paling utama adalah dengan memberikan istirahat yang cukup, karena bisa jadi anak anda kurang focus tersebut disebabkan karena kelelahan dan sebagainya. Hal ini akan membantu dalam kekuatan fisiknya dan membuat fikirannya kembali tenang. Sehingga setelah beristirahat anak anda siap untuk dibawa berfikir kembali.

2. Jika anak tidak terlalu cape sebaiknya kerjakan tugasnya terlebih dahulu dan jangan menunda-nunda karena hal ini tidak baik juga. Khusus ketika anak anda sedang belajar, sebaiknya jangan dulu menyalakan tv karena hal ini bisa menurunkan konsentrasinya. Sebaiknya anda mengatur jadwal ketika ia menonton tv dan juga jadwal belajar.

3. Keadaan ruangan dan tempat belajar juga tentunya harus dikondisikan dengan baik dan nyaman pula.

4. Keadaan anak yang kurang konsentrasi juga bisa jadi disebabkan karena anak anda kurang menyukai pelajaran yang sedang ia hadapi tersebut. Untuk membuat anak anda konsentrasi sebaiknya kita juga membantunya untuk menyukai pelajaran tersebut. Dan dengan begitu ia akan focus terhadap apa yang sedang ia hadapinya.

Baca Juga:

Itulah 4 cara mendidik anak yang kurang fokus khusunya bagi mereka yang kurang focus terhadap pelajaran yang ia hadapinya. Sebetulnya mudah-mudah saja untuk membuat anak kita focus kembali belajarnya apalagi jika anak tersebut sudah remaja karena dengan sendirinya ia akan mempunyai tanggungjawab sendiri tanpa harus kita tuntun. Mungkin bagi anak usia dini lah yang sedikit kesusahan dalam mengaturnya. Namun bagi seorang guru dan terutama orangtua harus extra sabar dalam membantu anaknya untuk kembali focus dan membantu meningkatkan daya ingat nya. Selain itujuga jangan bebani anak dengan berbagai masalah yang membuat anak kefikiran terus menerus.

Add Comment