Bagaimana Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak?

Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak – Berbagai macam penyebab memang dapat terjadi dan mengakibatkan anak mengalami kondisi obesitas. Salah satu penyebabnya adalah karena faktor genetik dan juga bisa terjadi karena faktor dari luar yang berkaitan dengan perkembangan dan pertumbuhan anak Anda.

Tentu saja obesitas yang terjadi pada anak harus segera diatasi dengan sebaik mungkin karena kalau tidak akan berdampak tidak baik pada perkembangan dan pertumbuhan anak Anda ke depannya. Diet dan aktivitas yang dilakukan secara rutin akan sangat berkontribusi dalam mengatasi obesitas pada anak. Lalu bagaimana cara mengatasi obesitas pada anak yang paling tepat dilakukan? Berikut ini kami akan berikan beberapa cara mengatasi obesitas pada anak yang dapat Anda coba terapkan. Cek informasi lengkapnya di bawah ini!

mengatasi obesitas pada anak

Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak

1. Cari informasi seputar pemenuhan kebutuhan nutrisi yang tepat
Nutrisi memang menjadi suatu aspek yang sangat penting untuk kesehatan anak dan tumbuh kembang anak Anda. Anak yang mengalami kondisi tubuh dengan obesitas rata – rata anak yang orang tuanya masih belum sadar dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi yang tepat seperti apa. Karena itu Anda harus mulai mencari nasehat – nasehat tentang nutrisi karena akan dapat membantu Anda dalam mengubah kebiasaan makan anak Anda. Anda bisa temukan berbagai macam nasehat nutrisi baik dari majalah, dokter anak Anda atau televisi dan sebagainya.

2. Hati – hati ketika belanja bahan makanan anak!
Isi kulkas dan juga isi lemari makan Anda upayakan Anda isi dengan makanan ringan yang sehat. Jangan sampai ada junkfood, makanan ringan yang berpengawet dan berbagai makanan mengandung zat adiktif karena akan berbahaya bagi anak Anda. Batasi atau hindari menyimpan makanan yang mengandung gula, lemak dan zat adiktif tinggi. Upayakan Anda mulai menyimpan makanan di kulkas yang rendah lemak dan gula. Buah akan sangat cocok ada didalam kulkas Anda dibandingkan makanan lainnya.

3. Ajak anak Anda menikmati sarapan paginya
Upayakan untuk Anda senantiasa memastikan anak sudah sarapan paginya. Siapkan sarapan pagi rendah lemak, rendah gula, yang akan membuat anak terbiasa dan lama – lama suka dengan makanan tersebut. Jangan sampai anak melewatkan sarapan paginya karena ini menjadi sumber energi anak beraktivitas secara penuh di siang harinya.

4. Kurangi minuman tidak sehat pada anak
Mungkin sebelumnya anak Anda suka sekali mengonsumsi minuman bersoda, minuman kaya kandungan gula tidak sehat dan sejenisnya? Mulai sekarang ada baiknya untuk Anda ajak anak mengurangi minuman yang tidak sehat tersebut. Anda siapkan susu rendah lemak, soya atau air putih. Ajak anak suka dengan minuman tersebut.

5. Ajak anak makan lebih banyak sayuran
Jika memang anak Anda tidak mau makan sayur, Anda harus berusaha lebih kreatif lagi. Sayuran tetap Anda gunakan sebagai bahan makanan mereka akan tetapi dengan variasi yang lebih menarik. Memberikan bekal sayur dengan konsep bento atau yang lain akan menjadi ide unik yang bisa Anda coba.

6. Kurangi porsi makan anak Anda
Sebagian anak memang akan menghabiskan berapa saja makanan yang ada di depannya. Karena itu upayakan Anda menakarkan makanan sedikit saja di piring anak Anda supaya dia tidak mengalami obesitas. Anda bisa mengurangi porsi makan secara bertahap. Misalkan 10%, 20% dan sampai 30% atau lebih.

Baca Juga: Ini Akibat Dari Obesitas Pada Anak

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Cara Mengatasi Obesitas Pada Anak. Selamat mencoba dan dapatkan manfaatnya pada anak Anda.

Add Comment