Cara Mengetahui Obesitas Pada Anak

Cara Mengetahui Obesitas Pada Anak – Sebagai seorang ibu tentu kita harus senantiasa tanggap atas perkembangan dan pertumbuhan anak kita karena hal yang demikian akan sangat baik untuk kesehatan anak Anda ke depannya. Mencari tahu apakah anak mengalami obesitas juga akan menjadi suatu langkah penanganan kesehatan anak yang sangat tepat dilakukan.

Anak yang mengalami obesitas memang memiliki beberapa ciri yang sangat penting untuk anda ketahui. Dan ciri – ciri ini akan dapat dijadikan Anda sebagai tindakan pencegahan anak mengalami obesitas atau juga dapat dijadikan tindakan mengatasi jika memang anak terbukti mengalami kondisi obesitas. Lalu seperti apa saja cara mengetahui obesitas pada anak yang tepat dan akan memberikan gambaran yang jelas? Berikut beberapa cara mengetahui obesitas pada anak yang dapat Anda jadikan bahan acuan pencegahan dan penanggulangan obesitas pada anak.

Cara Mengetahui Obesitas Pada Anak

Mengetahui obesitas pada anak dari perhitungan berat ideal konvensional

Berat badan ideal (BBI) anak rumusnya dapat Anda simak di bawah ini :

  • BBI bayi (0-12 bulan) = (umur bulan / 2) + 4
  • BBI anak (1-10 tahun) = (umur tahun x 2) + 4
  • BBI remaja dan dewasa = (Tinggi badan – 100) x 90%

Sudah tahu rumusnya bukan? Sekarang waktunya untuk Anda menghitungnya. Akan tetapi jika menurut Anda berat badan yang diperoleh tidak ideal, jangan langsung diet ketat karena sebenarnya dengan rumus ini plus minus berat badan idealnya sebesar 10% berat idealnya.

Lalu jika data tinggi badan tidak diketahui jadinya seperti apa? Misalkan pada pasien ascites atau eudeme anasarka. Kalau sudah seperti ini Anda coba saja ketahui BBInya dari nilai antropomentri tinggi lutut atau rentang lengan.

TB berdasarkan tinggi lutut (TL) diketahui informasi di bawah ini diantaranya :

  • TB Pria = 6,50 + (1,38 + TL) – (0,08 x U)
  • TB Wanita = 89,68 + (1,53 x TL) – (0,17 x U)

TB berdasarkan rentang lengan (RL) diketahui informasi di bawah ini diantaranya :

  • TB pria = 118,24 + (0,28 x rl) – (0,07 x U)
  • TB wanita = 63,18 + (0,63 x RL) – (0,17 x U)

Keterangan dari rumus diatas : U adalah umur (tahun)

Menghitung Berat Badan Ideal versi rumus BMI

Memang ada beberapa cara dalam menghitung berat badan ideal agar nantinya dapat diketahui obesitas yang terjadi pada anak Anda. BMI sendiri merupakan suatu rumus kesehatan dimana nantinya berat badan (BB) seseorang (kg) dibagi dengan tinggi badan (TB) dan dipangkat dua (m2). Lalu seperti apa penampakan cara menghitung BBI dengan BMI?

BMI = BB / (TB * TB)
Misalkan jika seseorang diketahui bahwa berat badannya 45 kg dan kemudian tinggi badannya 165 cm. Maka =

BMI = 45 / (1,65 * 1,65) = 16,5.

Lalu apakah mereka yang punya berat badan 45 dengan tinggi badan 165 termasuk kurus, normal atau overwight? Anda dapat mencoba lihat patokannya di bawah ini bahwa =

BMI < 18,5 = berat badan kurang (underweight)
BMI = 18,5 – 24 = normal
BMI 25 – 29 = kelebihan berat badan
BMI > 30 = obesitas

Baca Juga:

Demikian sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang Cara Mengetahui Obesitas Pada Anak. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Cari tahu obesitas pada anak dan jika terjadi obesitas atasi segera.

Add Comment