Cara Mengobati Autisme Pada Anak Paling Efektif

Cara Mengobati Autisme Pada Anak Paling Efektif – Anak yang menderita autisme ini sebetulnya lebih cenderung berbuat jelek dibandingkan dengan anak lain pada umumnya. Mereka tampak berperilaku yang buruk, seperti halnya berlarian di dalam ruangan, memukul-mukul benda yang ada di sekitarnya, menolak untuk berkumpul, atau pun yang lainnya. Autisme pada anak ini sebenarnya lebih sering disebabkan oleh masalah eksternal yang sebetulnya bisa diselesaikan oleh orangtua yang tenang dan juga kreatif. Nah, pada artikel kali ini kami akan membagikan tentang cara mengobati autisme pada anak yang bisa dibilang paling efektif, sehingga kehidupan masa depan anak bisa terselamatkan dengan baik.

Cara mengobati autisme pada anak paling efektif

1. Applied Behavorial Analysis (ABA)
ABA ini adalah sejenis terapi sebagai salah satu cara mengobati autisme pada anak yang bisa dibilang paling efektif yang pertama dan sering sekali digunakan di Indonesia dengan sistem positive reinforcement, yang mana anak dengan menderita penyakit autisme tersebut nantinya akan distabilkan lewat sebuah cara hukuman dan juga hadiah. Maksud dari hukuman dan juga hadiah ini adalah dengan menerapkan sebuah kedisiplinan dimana anak nantinya akan mendapatkan hadiah apabila dia melakukan sebuah tugas tertentu atau pun berkelakuan yang baik di dalam waktu yang telah ditetapkan. Sementara itu, hukuman akan diberikan apabila anak melakukan kesalahan fatal atau pun melakukan perbuatan yang buruk dengan jenis hukuman tertentu yang sifatnya ringan.

2. Terapi wicara
Ini adalah salah satu metode penyembuhan penyakit autisme yang dimaksudkan dan juga ditujuan dari terapi ini adalah untuk latih atau pun kembangkan kemampuan komunikasi pada diri anak, sehingga anak autisme dapat berbicara secara normal dengan orang lain, serta melebur jadi satu dalam masyarakat.

3. Terapi okupasi
Kebanyakan anak dengan autisme ini akan sangat sulit sekali untuk mengendalikan kemampuan otot halusnya secara normal, seperti halnya tak dapat memegang alat tulis dengan baik dan benar, alat makan juga tak dapat dipegang dengan normal, sebab adanya gerakan otot yang sangat kaku sekali. Dengan melakukan sejumlah terapi tersebut, maka anak nantinya akan dilatih dengan baik secara motorik untuk dapat melemaskan otot halus dan dapat memegang semua peralatan seperti orang normal.

4. Terapi fisik
Cara mengobati autisme pada anak selanjutnya adalah dengan melakukan terrapin fisik ini. Terapi tersebut sama halnya dengan terapu okupasi, hanya saja terapi fisik ini lebih berfokus pada kekuatan otot di semua tubuh, sehingga anak dapat berdiri dengan tegap, berjalan normal, sehingga mempunyai keseimbangan yang sangat baik sekali. Terapi ini terbagi jadi dua macam, yakni fisioterapi dan integrasi sensorik.

5. Terapi social
Sementara itu untuk jenis terapi social ini hampir mirip dengan terapi wicara, hanya saja terapi ini sedikit berbeda sebab anak autisme nantinya akan dilatih untuk dapat berkomunikasi dua arah dengan teman sebayanya, termasuk juga dengan mengajak anak bermain bersama serta menambah teman baru, sehingga memudahkan anak untuk bergaul.

6. Terapi bermain
Mengajari anak bermain juga jadi salah satu cara mengobati autisme pada anak yang paling efektif, sebab anak yang alami gangguan tersebut umumnya mempunyai permainan dan dunianya sendiri, sehingga menyulitkannya untuk berkomunikasi serta bersosialisasi bersama dengan anak lain.

Baca Juga:

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang cara mengobati autisme pada anak paling efektif yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Add Comment