Cara Menurunkan Obesitas Pada Anak Usia Dini

Cara Menurunkan Obesitas Pada Anak Usia Dini – Terkadang anak yang gemuk memang menggemaskan. Badan yang mungil dengan pipi chubbynya membuat siapa saja berhasrat mencubit dia. Akan tetapi bagaimana jadinya kalau ternyata anak Anda mengalami obesitas bukan gemuk karena lucu? Ini yang harus segera ditangani agar tidak memberikan dampak buruk pada anak Anda ke depannya.

Dan mengatasi obesitas pada anak usia dini ini juga akan memberikan berbagai macam keunggulan untuk anak Anda. Berikut kami akan berikan informasi lengkapnya seperti apa cara menurunkan obesitas pada anak usia dini yang paling baik dan paling layak Anda terapkan. Langsung yuk cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Portrait of baby girl holding spoon in mouth

Cara Menurunkan Obesitas Pada Anak Usia Dini

1. Penuhi nutrisi dan lakukan diet
Pada anak usia dini yang memang ketahuan dia punya berat badan yang obesitas yaitu berat badan diatas angka BMI >30 maka mereka wajib untuk mengurangi resiko buruk pada tubuhnya dengan diet dan nutrisi. Diet yang sangat cocok dilakukan pada anak yang mengalami obesitas adalah diet dengan diet rendah sodium dan tinggi kalium dianjurkan untuk mengurangi tekanan darah. Diet ini sangat cocok dengan mengonsumsi menu buah dan sayur serta produk susu rendah lemak. Kemudian semua kebutuhan nutrisi mulai dari protein, kalsium, asam folat, mineral, vitamin, juga harus Anda penuhi.

2. Lakukan aktivitas fisik
Anak usia dini yang mengalami kondisi obesitas di tubuhnya memang akan dapat mengalami berbagai macam kondisi resiko atas kesehatannya. Anda dapat meningkatkan aktivitas fisik dikaitkan dengan penurunan resiko stroke tujuannya adalah untuk terlibat didalam aktivitas tersebut setidaknya 30 menit aktivitas intensitas sedang setiap harinya. Anda bisa ajak agar anak Anda bersepeda, membantu memasak, membantu membersihkan rumah, olahraga, renang atau sebagainya.

3. Perhatikan makanan yang Anda berikan
Jangan sampai anak Anda makan makanan yang tidak sehat. Upayakan supaya anak Anda senantiasa mengonsumsi berbagai macam makanan sehat yang baik untuk dirinya. Buah dan sayur harus selalu Anda berikan dengan jumlah seimbang. Dan berikan susu rendah lemak untuk anak Anda karena sangat berkontribusi baik pada kesehatan anak Anda. Dan jangan lupa hindarkan anak Anda dari aktivitas mengonsumsi junkfood, makanan dan minuman manis serta berbagai macam makanan tidak sehat lainnya.

4. Berikan bekal ketika anak akan sekolah
Jangan lupa untuk ajak anak sarapan sebelum dia berangkat ke sekolah karena sarapan sangat penting untuk mencukupi kebutuhan energi anak Anda sampai siang harinya. Dan jangan lupa untuk Anda juga berikan bekal sebagai saku anak di sekolah supaya anak fokus makan bekalnya sehingga dia tidak akan jajan makanan yang tidak sehat di sekolahnya. Anda berikan pengertian juga untuk anak supaya dia lebih suka bekal dari bundanya dibandingkan jajan tidak sehat. Kalau perlu desain bekal dengan seunik mungkin.

5. Batasi kegiatan pasif pada anak
Memang wajar kalau anak suka menonton, suka bermain komputer dan suka melakukan game di ponsel. Akan tetapi kalau hal ini dibiarkan terus menerus juga akan kurang baik bagi perkembangan dan pertumbuhan anak Anda. Karena itu ada baiknya supaya Anda dapat senantiasa membatasi kegiatan pasif pada anak Anda. Ajak anak melakukan kegiatan yang lebih aktif seperti berkebun, bercocok tanam, membersihkan rumah, renang, bersepeda dan yang lainnya.

Baca Juga:

Itulah beberapa Cara Menurunkan Obesitas Pada Anak Usia Dini yang dapat Anda coba. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat.

Add Comment