Inilah Faktor Penunjang Daya Ingat Pada Anak-Anak

Inilah Faktor Penunjang Daya Ingat Pada Anak-Anak – Rasa bangga menjadi orangtua akan sangat dirasakan ketika buah hatinya dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang pintar dan cerdas. Tentunya akan menjadi sebuah anugerah tersendiri bagi seorang ibu jika sampai berhasil mendidik anaknya , hingga anaknya bisa berprestasi dalam segala hal. Untuk menciptakan anak yang hebat, bisa berawal dari adanya daya ingat yang kuat pada akan. Sebab tanpa adanya daya ingat yang hebat, anak akan sulit untuk bisa mencapai nilai yang memuaskan. Secara umum daya ingat manusia di bagi menjadi dua bagian yaitu daya ingat mekanis dan daya ingat logis.

Daya ingat mekanis merupakan daya ingat yang dapat direkam hanya dari kesan penginderaan saja. Dan untuk daya ingat logis yaitu daya ingat yang terekam hanya dari kesan yang mempunyai penyebab dan juga pengertian. Dan untuk anak-anak cenderung mereka hanya mengandalkan kesan pada penginderaan mereka atau memiliki daya ingat mekanis. Dan daya ingat yang kuat pada anak dapat didukung oleh beberapa faktor diatantaranya adalah sebagai berikut.

Beberapa Faktor Penunjang Daya Ingat Pada Anak-Anak.

 

  1. Faktor Genetis.

Adapun faktor utama yang dapat menjadi pendukung penunjang daya ingat yang kuat pada anak-anak adalah faktor genetis. Faktor ini didapat dari anak sejak anak dilahirkan karena merupakan faktor bawaan yang diturunkan oleh orangtua kepada anak-anaknya. Jika diketahui orangtua mempunyai daya ingat yang begitu kuat maka hal ini akan sangat menguntungkan bagi sang anak. Karena besar kemungkinan hal tersebut akan menurun pada anak-anaknya.

 

  1. Faktor Nutrisi Anak.

Dan faktor penunjang daya ingat pada anak juga bisa didapatkan dari adanya pemenuhan nutrisi dari makanan sehari-hari yang dikonsumsi oleh anak. Sebaiknya cobalah untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang untuk anak agar dapat mendukung segala aktivitas sehari-hari si kecil. Sediakan makanan yang banyak mengandung vitamin, dan mineral yang diperlukan oleh tubub anak. Ingat kebutuhan akan nutrisi untuk anak-anak jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi orag dewasa. Hal ini karena masa anak-anak adalah masa emas untuk pertumbuhannya, sehingga harus selalu mendapatkan dukungan yang tepat.

 

  1. Faktor Belajar Anak.

Dan selanjutnya faktor penunjang aya ingat anak adalah karena pola belajar yang diterapkan pada anak. Belajar merupakan kunci sukses untuk menggapai semua cita-cita dan juga prestasi disekolahnya. Karena akan percuma jika ibu sudah mendukung nutrisi anak dengan selalu menyajikan menu bergizi setiap harinya, namun anak tidak pernah mau belajar atau jarang belajar. Belajar menjadi salah satu cara untuk mengasah otak serta kemampuan pada anak. Dengan proses belajar inilah yang akan membuat anak memiliki daya ingat dan juga kecerdasan. Latihlah anak untuk belajar sedini mungkin, terlebih disaat periode emas yaitu pada usia 1 hingga 5 tahun. Cobalah gali bakat anak dengan rajin memberikan pembelajaran setiap harinya.

 

Itulah Beberapa faktor penunjang daya ingat pada anak-anak yang penting untuk ibu ketahui.

Add Comment