Bagaimana Mencukur Rambut Bayi Sendiri Agar Aman

Bagaimana Mencukur Rambut Bayi Sendiri Agar Aman – Perlu Anda tahu nih ya bund, bahwasannya mencukur rambut bayi tersebut merupakan sunnah hukumnya dalam ajaran agama Islam, sebab dengan mencukur rambut bayi yang baru saja dilahirkan, maka akan menjadikan kulit di kepala bayi akan bersih dari penyakit yang membandel. Mencukur rambut bayi ini sendiri juga memiliki tata caranya sendiri, tak sembarangan asal potong saja ya bund, sebab rambut bayi ada pada dikulit yang sensitive dan juga masih lembek jadi harus dilakukan secara hati-hati dan perlahan.

Cara mencukur rambut bayi sendiri adalah dengan mempersiapkan alat-alat mencukur yang harus steril dan bersih supaya pada saat proses mencukur rambut bayi lebih aman dan tak terkena kuman bakteri yang bisa timbulkan penyakit untuk kepala bayi. Nah, di bawah ini adalah beberapa persiapan dan alat yang nantinya akan dipergunakan untuk mencukur rambut bayi.

cara mencukur rambut bayi sendiri agar aman

Cara Mencukur Rambut Bayi Sendiri Agar Aman

Menyiapakan alat-alat yang dibutuhkan

  • Bedak bayi
  • Gunting rambut
  • Air hangat
  • Pisau cukur yang baru dan steril
  • Tissue
  • Kapas kecantikan
  • Handuk
  • Cairan anti septic atau alkohol

Persiapan yang dilakukan bunda

1. Silakan cuci tangan Anda sebelum mencukur dan pastikan semua alat-alat tersebut dalam keadaan bersih dan juga steril. Selain ituk, Ada juga harus dalam kondisi tenang, tak takut, dan ragu-ragu. Bila perlu minta orangtua atau pun perawat yang sudah terbiasa lakukan pencukuran.

2. Minta suami atau orang tua Anda untuk menggendong sih kecil atau pun memposisikan anak Anda senyaman mungkin. Beberapa orang berpendapat bahwasannya mencukur rambut bayi ketika tidur lebih baik, tetapi bagi kami lebih baik lakukan pencukuran rambut ketika bayi dalam kondisi bangun.

3. Kondisikan juga suhu pada ruangan yang adem, sehingga tidak menjadikan gerah bayi Anda. Selain itu, posisikan kepala baui bersandar pada siku atau bila lehernya sudah dapat tegak, Anda bisa memeluknya dengan cara menggendong pada posisi duduk menghadap kedepan, sehingga ketika mencukur tak tersisa rambut.

Proses mencukur rambut bayi

1. Pertama gunting rambutnya bila sangat lebat sampai jadi sangat pendek untuk mempermudah Anda dalam proses pencukuran. Setelah itu, mulai mencukur secara vertical, dari atas ke bawah secara perlahan.

2. Bersihkan pisau cukurnya dengan menggunakan tissue kering dari rambut bayi Anda, kemudian lanjutkan prosesn pencukuran.

3. Anda tidak disarakan untuk membasahi rambut bayi Anda pada saat proses pencukuran, sebab hal tersebut malah akan sangat menyulitkan Anda, sebab rambut bayi yang masih sangat halus jadi lengkep di kulit kepala. Cukup dengan menaburkan bedak bayi di kepala bayi Anda.

4. Proses yang berikutnya adalah dengan melakukan proses mencukur secara vertical akan tetapi dengan arah yang berlawanan, dari poin pertama, yakni dari bawah ke atas atau pun berlawanan dengan arah jatuhnya rambut bayi Anda untuk merapihkan sebagian kecil sisa rambut yang masih tertinggal.

5. Bila sudah basuh dengan menggunakan air hangat kepala bayi Anda.

6. Dan yang terakhir adalah mengeringkan kepala bayi Anda dengan menggunakan handuk lembut yang bersih, lalu taburi kembali dengan bedak bayi ya bund.

Baca Juga: Cara Mencegah Ruam Merah Pada Kulit Bayi

Nah, itulah tadi yang dapat kami informasikan kepada Anda semuanya tentang cara mencukur rambut bayi sendiri agar aman. Semoga saja bisa bermanfaat dan dapat menambah pengathuan untuk para Bunda yang sedang merawat sang buah hatinya.

Add Comment